Cara render image dan movie di 3Ds Max

Proses rendering adalah proses merubah format objek yang awalnya masih berupa file project kedalam format akhir yang akan menampilkan secara penuh efek-efek visual kedalam sebuah gambar. Bisa dibilang tahap rendering ini adalah bagian akhir dari rangkaian proses didalam animasi/produksi sebelum nantinya akan berpindah ketahap pasca produksi .

Nah untuk memulai proses rendering kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana untuk memandu anda terutama yang masih sangat awam dengan sofware 3ds max. Sebelum kita merender hasil project kita sebaiknya tentukan dulu file atau format apa yang kita inginkan diakhir. Bila anda menginginkan file yang bergerak atau film maka nantinya anda akan merender dalam format movie. Sementara bila anda hanya memerlukan satu frame saja maka yang anda butuhkan adalah formta still image.

Oke langsung saja kita mulai dengan tutorial teknik merender still image.

STILL IMAGE

1. Buka software 3ds max anda

2. Nyalakan fasilitas SAFE FRAME dengan cara: klik teks PERSPEKIF/CAMERA yang ada di pojok kiri atas > aktifkan SHOW SAFE FRAMES. Maka sekarang anda akan meliha pada view perspektif atau camera sudah ada frame yang memotong pada bagian kanan dan kiri.

3. Pada menu diaas klik Rendering > buka PRINT SIZE ASSISTENT

4. Pada jendela print size assistent ini anda bisa mengatur besaran resolusi/DPI dan frame size yang anda butuhkan secara spesifik. setelah selesai melakukan seting tersebut sekarang tinggal anda klik tombol render

5. Tunggu sampai selesai, dan bila sudah selesai anda bisa menyimpan gambar hasil render dengan mengklik icon disket/flopy disk, kemudian simpan difolder dan buatlah nama sesuai dengan yang anda inginkan. Jangan lupa tentukan ekstensi file, misalnya JPG, BMP, TGA, TIFF, PNG, dll

 

RENDER MOVIE

1. Buka software 3ds max anda

2. Nyalakan fasilitas SAFE FRAME dengan cara: klik teks PERSPEKIF/CAMERA yang ada di pojok kiri atas > aktifkan SHOW SAFE FRAMES. Maka sekarang anda akan meliha pada view perspektif atau camera sudah ada frame yang memotong pada bagian kanan dan kiri.

3. Buka jendela render setup dengan mengklik icon berikut, atau gunakan keyboard shortcut F10

4. Pada tab common, dibagian Time output, atur durasi/frame yang akan anda render. Misalnya mulai dari frame 0 sampai frame 50 saja.

5. Tentukan dimensi frame atau frame size pada kolom output size. Anda juga bisa menggunakan presets yang sudah disiapkan. misalanya PAL D1 video dengan ukuran frame 720×576 pixel

6. Pada kolom render output tentukan nama file dan format file. Pada umumnya format movie adalah AVI atau MOV. Anda juga bisa membuat sequences image dengan menggunakan format PNG, JPG aau TGA namun sebelumnya buatlah folder tersendiri sebagai tempat sequences image tadi

7. Terakhir anda klik tombol render, dan unggu sampai selesai prosesnya.

Bila anda akan melanjutkan ke proses pasca produksi maka saya sarankan anda menggunakan format sequences image saja, soalnya selain nantinya bisa anda compositing/gabung dengan file lain, hal ini juga akan membuat aman saat proses rendering. Bila terjadi lampu mati mendadak, atau komputer kita resart maka file hasil render akan tetap terselamatkan.

 

Selama mencoba.

dody_animation@yahoo.com

  • http://, TCONCR420

    wowowowow!
    makasih yah info nya! sangat bermanfaat

  • Zen

    terimakasih gan … saya sudah praktikkan dan berhasil 😀 baru belajar 3ds Max soalnya hehe

  • Arda

    mau tanya gan, bagaimana caranya ngesave file berupa PNG, biar kalo ngedit di photosop lebih gampang, terima kasih

    • http://www.DodyAnimation.com/ dody priyatmono

      ikuti langkah2 diatas, terutama yang langkah nomor 6