Keyboard Shortcut Blender

Seperti yang kita ketahui bahwa software Blender adalah salah satu software 3D animasi yang saat ini sedang naik daun. Hal ini karena Blender dirasa cukup efektif, murah, berkulitas dan mudah digunakan. Saya sendiri merasakan perbedaan yang sangat mencolok saat mulai mempelajari Blender. terutama penggunaan keyboard shortcut untuk banyak keperluan. Bila kita menggunakan software 3ds Max atau Maya maka banyak pekerjaan kita akan dibantu oleh tombol tombol dengan icon yang manis. Bebeda jauh bila kita membuka Blender, yang kita dapatkan adalah sedikit tombol menu dengan teks disana sini. Tentu saja hal ini akan membuat bingun penguna awam atau yang terbiasa dengan software seperti 3ds Max dan Maya. Perintah-perintah yang terdapat dalam software Blender memang di sederhanakan dengan mengunakan keyboard shortcut, untuk itu anda harus mau untuk menghapalkan beberapa keyboard shortcut tersebut. tidak lah sulit untuk dapat menghapalkan keyboard shortcut dari software Blender, karena Blender memudahkan kita dengan mengunakan inisial atau huruf awal dari nama menunya. misalnya menu Grab di gunakan shotcut huruf G, Rotate: R, Scale: S, Box selection: B, sumbu X: X, Hide: H, Move to layer: M, Extrude : E, dan seterusnya. Tentu saja tidak semua menu/perintah menggunakan inisial dari nama menu tersebut. ada juga yang kombinasi perintah CTRL, SHIFT dan ALT.

Hal lain yang juga harus dibiasakan dari software Blender ini adalah penggunakan klik kiri dan kanan yang berbeda fungsi dengan kebanyakan software 3D lainnya. Di Blender untuk dapat menyeleksi atau mengaktifkan objek adalah dengan mengguankan klik kanan, sementara di software 3ds Max dan Maya adalah dengan menggunakan klik kiri. Meskipun seting ini dapat diganti melalui menu yang ada di dalam user preferences>input>select with.

Baiklah, berikut ini adalah daftar keyboard shortcuts dari software Blender. Dan referensi keyboard shortcut ini saya ambil dari website www.blenderguru.com

  • http://www.stradagengs.blogspot.com PECINTA ANIMASI

    thanks atas post-nya

  • Ajib.duankz

    Om…cara nmabahin vertex nya gmna ya….

  • Pingback: SEMUA TUTORIAL BLENDER - Dody Animation

  • norman

    Ni yg paling ku cari . Maksi yh

  • Ryan Gyenorna

    nice

  • gop

    Sy masih baru. Menurut sy penggunaan shorcut utk Tutorial justru sebisa mungkin dihindari atau sesedikit mungkin. Karena sangat tidak informatif. Shorcut dipakai utk pribadi/kebiasaan seseorang saja. Lebih baik menggunakan Menu2 yg sudah lengkap tersedia.
    Contoh: E, K, Ctrl-R, W, Slide Edge, ternyata ada semua di Toolbar kiri. P, I (Animation) ada di menu Object. Ctrl-Tab ternyata ada icon2nya. DLL.
    Pemula spt sy akan pusing menghapal shortcut. Apalagi sy pegang beberapa software. Tapi kalo pakai Menu, justru lebih informatif. Bisa paham apakah itu suatu perintah editing/modeling/properties, dsb, krn Menu2 sudah diatur letaknya sedemikian rupa dan ada semua. Jadi justru hapalnya lebih mudah.
    Ini cuma saran, khusus utk Tutorial saja.
    Semua video Blendernya bagus. Terimakasih.

  • Agung Mutaqin

    mas kalo kbelikan dari Shift+h apa???